Tuesday, October 12, 2010

Peranan leadership dalam knowledge management (Teknology)

Setelah pembahasan peranan leadership pada people dalam knowledge management, maka pada tulisan ini akan memaparkan pada Technology.

Massey, Montoya-Weiss, dan O’Driscoll (2002) menyajikan suatu model keberhasilan knowledge management berdasarkan studi kasus Nortel. Model itu didasarkan pada kerangka yang diusulkan oleh Holsapple dan Joshi (2001) dan mencerminkan bahwa kesuksesan knowledge management didasarkan pada pemahaman organisasi, pengguna knowledge, dan cara mereka menggunakan knowledge. Juga dikatakan  bahwa knowledge management adalah proses perubahan organisasi dengan hasil yang membawa keberhasilan knowledge management. Berikut adalah model keberhasilan knowledge management menurut Massey et al.:
Pada gambar telihat bahwa leadership mempengaruhi dalam menentukan teknologi yang akan digunakan. Pimpinan atas memegang peranan leadership dalam menentukan strategi untuk pemilihan dan pengawasan teknologi dalam penerapan knowledge management. Dukungan manajemen kunci melalui leadership dapat berupa pengalokasian dan pengendalian sumber daya proyek (dana), pengadaan barang dalam pembuatan sistem knowledge management (KMS).

Dalam artikel yang lain Jennex dan Olfman (2004) menyajikan suatu model keberhasilan sistem knowledge management (KMS) yang didasarkan pada model keberhasilan sistem informasi (IS) milik DeLone dan McLean (1992, 2003). Dalam model kesuksesan terdapat leadership pada “Management support” yang terdapat dalam service quality. Service quality disini adalah memastikan bahwa knowledge management dukungan yang cukup dalam penerapannya, yang didalamnya terdapat management support, user knowledge management service quality, dan information system knowledge management service quality. Management support mengacu kepada dukungan manajemen dalam menyediakan semua kebutuhan sumber daya yang diperlukan knowledge management untuk penciptaan dan pemeliharaan knowledge management, mendorong untuk berbagi dan menggunakan knowledge, memberikan arah kepada orang-orang yang terlibat dalam knowledge management, mengembangkan budaya organisasi yang mendukung knowledge management yang dapat kita lihat pada gambar dibawah ini:
Dapat kita lihat dengan jelas bahwa leadership yang kuat juga diperlukan dalam aspek technology dalam knowledge management. Leadership berperan dalam dukungan management dalam pemilihan, pengadaan, pengawasan, dan pengukuran teknologi yang digunakan dalam knowledge management.

Referensi:
  1. Holsapple, C.W., Joshi, K.D. (2000). An investigation of Factors that Influence the Management of Knowledge in Organizations. Journal of Strategic Information Systems, Vol. 9 No.2/3, pp.235-61.
  2. Jennex, M.E., & Olfman, L. (2004). A Model of Knowledge Management Success. IGI Global.






No comments:

Post a Comment