Saturday, October 30, 2010

4 Langkah Bersihkan Malware 'McD' dan 'Lindsay Lohan' di Facebook

Sebuah aksi tidak bertanggungjawab menyebar lewat Facebook dengan mencatut nama besar McDonalds. Berikut adalah beberapa judul video yang perlu diwaspadai.

Keberadaan aksi itu disampaikan Alfons Tanujaya, analis antivirus dari Vaksincom, dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Sabtu (30/10/2010).

Alfons mengingatkan, aksi ini bisa mengenai siapa saja, tak peduli sistem operasi yang diguunakan. "Perlu menjadi catatan dan perhatian para pengguna komputer, eksploitasi ini terjadi pada API Facebook dan bukan pada OS komputer Anda," ujarnya.

Berikut adalah beberapa judul yang perlu diwaspadai:
  • The Truth behind Mcdonalds
  • What McDonalds DOESNT Want You To See
  • SHOCKING McDonalds Video
  • The DISGUSTING Truth Behind McDonalds
Pelaku akan menyebarkan aksinya melalui Invitation di Facebook. Jika hanya klik 'Yes', 'No' atau 'Maybe', penerima undangan tak akan terkena apa-apa.

Namun, jika mengikuti tautan pada undangan itu, pengguna akan dihadapkan sebuah pertanyaan untuk mengizinkan aplikasi 'HD Video Player' di Facebook.

Nah, jika aplikasi itu diizinkan (Allow) maka ia akan tertanam di account Facebook korban dan menyebarkan undangan yang sama ke semua temannya. Jelas ini bisa sangat mengganggu.

Sebuah program jahat yang mencatut nama 'McDonalds' merebak di Facebook. Jika menjadi korbannya, account Facebook Anda akan menyebarkan hal itu pada semua kenalan.

Tentunya hal itu sangat menyebalkan. Selain ada juga potensi dimanfaatkan untuk kepentingan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak langkah-langkah berikut ini seperti disampaikan Alfons Tanujaya, analis antivirus Vaksincom, yang dikutip detikINET, Sabtu (30/10/2010):

Jika anda sudah terlanjur menjadi korban dan menyebarkan Event Invitation pada seluruh kontak Anda, segera informasikan ke seluruh kontak Facebook Anda untuk tidak mengklik link yang diberikan apalagi sampai menyetujui instalasi aplikasi.

Hal serupa yang menggunakan teknik yang sama dengan hantu 'McD' adalah Lindsay Lohan. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh judul video Lindsay Lohan yang berupaya memikat korban untuk mengkliknya:

  • Lindsey Having Sex with HOT Girl
  • This is Lindsey Lohan's Leaked Celebrity Sex Tape
  • Lindsey Lohan Celebrity Sex Tape
  • This is Lindsey Lohan's Leaked Sex Video
  • Lindsay Lohan Just Leaked Sex Tape
  • Lindsay Lohan Having a THREEWAY on Camera

Dan lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk menghilangkan program jahat tersebut:

  1. Klik [Account] [Privacy Settings]. Anda akan membuka menu “Choose Your Privacy Settings”
  2. Klik [Edit your settings] dari menu “Applications and Websites” di pojok kiri bawah untuk membuka menu “Choose Your Privacy Settings > Applications, Games and Websites"
  3. Klik [Remove unwanted or spammy applications] untuk membuka layar “Applications, Games and Websites > Applications You Use" dan klik tanda X di sebelah “Edit Settings”
  4. Anda akan mendapatkan layar konfirmasi Remove, klik tombol [Remove] untuk menghapus program HD Video Player.
Referensi: DetikInet

No comments:

Post a Comment