Monday, October 18, 2010

Cara mengembalikan file/folder dengan perintah Attrib



Akhir-akhir ini sering menjumpai virus yang meng-hide file/folder yang ada di harddisk maupun di Flash disk yang terinfeksi virus tersebut. Beberapa virus yang orang awam kenal yang mempunyai gejala tersebut adalah seperti virus folder, RECYCLED, virus shortcut. Ciri utama virus tersebut adalah meng-hide folder asli dan membuat shortcut yang mengelabui pengguna seolah-olah itu adalah folder milik mereka, dan ketika diklik (dijalankan) sebernarnya akan mengaktifkan virus tersebut sehingga komputer yang tadinya bersih menjadi terinfeksi. Bahkan virus tersebut diatas akan 'memakan habis' semua file video yang terdapat di harddisk. Virus ini banyak menyebar melalui media flash disk sama seperti varian yang lainnya, karena flashdisk sangat mudah berpindah dari satu komputer ke komputer lainnya.

Sebenarnya cukup mudah untuk menghilangkan virus tersebut, yaitu dengan menscan dengan antivirus-antivirus yang ada dipasaran. Namun akibat yang ditimbulkan seperti folder yang di-hide tidak akan beres begitu saja, diperlukan pertintah Attrib yang dapat dilakukan melalui command prompt (DOS prompt). Karena kita telah terlena dengan kemudahan yang ditawarkan oleh Operating System, tinggal click and drag, maka terkadang kita lupa dengan perintah-perintah sederhana yang sangat berguna untuk melawan virus (bahkan tanpa antivirus). Berikut adalah perintah Attrib yang dapat kita gunakan dalam membasmi virus folder atau semacamnya tanpa menggunakan antivirus. 

Contoh penggunaan Attrib dalam membersikhan virus folder/shortcut:


  1. Setelah usb flash disk terpasang di komputer, perhatikan disk label yang tertera pada komputer. Misal: E: atau F: dan seterusnya (untuk saat ini kita asumsikan flash disk dengan label J: )
  2. Scan dengan Antivirus yang ada.
  3. Buka command prompt. Start-Run- ketik 'cmd' (tanpa tanda petik) - lalu klik ok
  4. Ketik J: lalu tekan enter (direktori aktif ada pada J:\> )
  5. Ketik attrib. Untuk mengecek file/folder yang berada di Flash disk beserta atribut nya, termasuk memperlihatkan file yang di-hide.
  6. Ketik Attrib -h -s -a -r /s /d (tidak harus sesuai urutannya). Perintah tersebut adalah untuk menghilangkan semua atribut file maupun folder. Jika file dalam usb flash disk banyak, maka tunggu sebentar sampai selesai yang ditandai dengan aktifnya kembali prompt.
  7. Setelah selesai, kita dapat menghapus file/shorcut milik virus yang mungkin masih tersisa dan biasanya berupa:
    1. Shortcut yang menyerupai folder
    2. File yang ber-extension .exe .dll .vmx
    3. Folder yang bernama 'RECYCLER'
    4. Folder/file yang bernama autorun.inf
    5. File/folder lain yang kita curigai sebagai virus. 
  8. Selamat mencoba

Untuk keterangan perintah Attrib beserta syntax nya dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Microsoft Windows 2000 and Windows XP syntax
Berikut adalah perintah Attrib:
ATTRIB [+R | -R] [+A | -A ] [+S | -S] [+H | -H] [[drive:] [path] filename] [/S [/D]]


+Sets an attribute.
-Clears an attribute.
RRead-only file attribute.
AArchive file attribute.
SSystem file attribute.
HHidden file attribute.
/SProcesses files in all directories in the specified path.
/DProcess folders as well.





Referensi: http://www.computerhope.com/attribhl.htm


2 comments: