Tuesday, October 12, 2010

Kategori knowledge

Knowledge dapat dikategorikan kedalam tiga bagian. Knowledge menurut Amrit Tiwana (1999):

1.      Core Knowledge:
Pengetahuan dasar yang dimiliki semua pesaing, menciptakan penghalang untuk masuknya pesaing baru. Walaupun tidak memberikan pembeda terhadap pesaing, namun pengetahuan dasar ini harus dimiliki oleh perusahaan.
2.      Advanced Knowledge
Pengetahuan yang lebih maju yang dapat membuat perusahaan lebih kompetitif, memberikan daya pembeda pada produk terhadap pesaing melalui penerapan pengetahuan yang lebih unggul dalam bidang tertentu.
3.      Innovative Knowledge
Pengetahuan inofatif yang membuat perusahaan dapat memimpin persaingan secara menyeluruh dan bahkan dapat mengubah  persaingan (menjadi trend-setter).


Dalam penerapan knowledge management, knowledge yang pertama dan harus ada dalam perusahaan adalah core knowledge karena perusahaan harus memiliki core knowledge dulu baru dapat mendefinisikan advanced knowledge bahkan innovative knowledge. Untuk dapat mengidentifikasikan knowledge dalam perusahaan, dapat digunakan SECI model milik Nonaka yang dapat dilihat pada dibawah ini:


Referensi:
Tiwana, A. (1999). The Knowledge Management Toolkit. Prentice Hall.


No comments:

Post a Comment