Tuesday, October 12, 2010

Dunia bisnis dengan IS/IT

Persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat dalam beberapa dekade ini. Karena itulah banyak perusahaan menggunakan semua usaha dan kemampuannya untuk bisa bertahan (survive) dan bisa memenangkan kompetisi yang ketat tersebut dengan menjadi pemimpin di dalam bidang usahanya. Banyak perusahaan yang memaksimalkan peran dari seluruh elemen di lingkukan internalnya untuk bisa lebih bersaing dengan kompetitor yang ada. Segala sumber daya yang dimiliki didorong penuh secara efektif dan efisien untuk mendukung strategi-strategi yang dibuat untuk mencapai sasaran.

Sistem Informasi/Teknologi Informasi (IS/TI) adalah salah satu sumber daya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi perusahaan untuk bisa menjadi yang terdepan. Namun banyak perusahaan yang salah dalam menilai peran IS/IT, yaitu sebagai cost center, hanya sebagai pemecahan masalah, yang sering diistilah kan sebagai ‘anak tiri’. Padahal jika kita melihat lebih jauh kedepan peranan IS/IT dalam suatu perusahaan, IS/IT sebagai salah satu sumber daya yang sangat berguna untuk mendukung perusahaan.

Jika kita lihat, perusahaan-perusahaan yang terdepan di bidangnya masing-masing mampu mengoptimalkan peran IS/IT yang ada yang mendukung tujuan (goal) dari perusahaan tersebut untuk mencapai visi dan misi nya. Melihat pengalaman tersebut, perusahan harus merubah cara pandang terhadap IS/IT sebagai salah satu strategi dalam perusahaan, sehingga IS/IT bukan hanya dilihat sebagai cost center, namun terlebih harus dilihat sebagai bagian perusahaan untuk meningkatkan kompetensi perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis yang begitu ketat. IS/IT juga dapat memfasilitasi bisnis yang sering berubah, membantu perusahaan untuk menangkap semua peluang yang ada menjadi bisnis yang menguntungkan.

Kita telah melihat betapa pentingnya peranan dan manfaat IS/IT dalam suatu perusahaan, untuk itu diperlukan pengelolaan dan perlakuan yang tepat terhadap IS/IT dalam suatu perusahaan. CIO (Chief Information Officer) memainkan peranan yang penting dalam suatu perusahaan untuk mengoptimalkan investasi IS/IT dalam perusahaan dan mengubah IS/IT tersebut menjadi bagian dari perusahaan untuk mendukung perusahaan memanangkan persaingan bisnis. Selain hal tersebut seorang CIO dituntut untuk mampu membuat penilaian IS/IT (IS/IT valuation) yaitu menilai keuntungan-keuntungan yang didapatkan perusahaan dalam menerapkan IS/IT. Penilaian terhadap IS/IT sangat berguna, terutama untuk mendapatkan dukungan CEO (Chief Executive Officer) maupun business owner yang terdapat dalam perusahaan, karena dengan penilaian IS/IT para CEO dan business owner akan dapat melihat keuntungan-keuntungan baik yang nyata (tangible) maupun yang tidak nyata (intangible) yang didapatkan perusahaan sehingga mereka akan mendukung dan menyetujui untuk investasi IS/IT.

No comments:

Post a Comment