Wednesday, August 4, 2010

Jaman informasi dan pengetahuan (Knowledge)

Seperti kita ketahui bersama, jaman terus berubah. Kehidupan saat ini jauh berbeda dengan kehidupan lima puluh tahun yang lalu. Masih tersimpan dengan baik dalam ingatan saya, pada awal tahun 2000 saat itu susahnya untuk memperoleh koneksi internet yang murah. Saat itu pilihan terbaik adalah dengan menggunakan dial-up, dan itu pun masih sharing dengan teman-teman kost untuk menghemat biaya yang dikeluarkan per jam (Rp. 9000,-/jam). Jika dibandingkan dengan koneksi saya saat ini (10 tahun kemudian dan saat saya menulis ini), saya bisa mendapatkan bandwidth up to 3 Mbps dengan hanya mengeluarkan Rp. 100.000,- / bulan!

Hal diatas adalah salah satu contoh sederhana yang nyata saya alami hanya dengan rentang waktu sepuluh tahun, apalagi jika kita melihat kebelakang selama lima puluh tahun, seratus tahun yang lalu. Berikut adalah beberapa perkembangan jaman yang dapat kita kelompokkan:

1. Jaman batu
Pada jaman ini manusia hanya mengandalkan cara berpikir dan peralatan sederhana dari batu untuk dapat bertahan hidup. Kehidupan mereka hanya dengan berburu dan kebanggaan mereka adalah jika dapat membunuh binatang buas yang besar seperti harimau atau beruang.

2. Jaman Bercocok tanam
Ketika manusia sudah mulai berpikir tentang masa depannya, maka mulailah berpikir untuk membuat sistem bercocok tanam. Pada jaman ini pola berpikir manusia sudah mulai terstruktur dengan menciptakan alat-alat yang lebih maju, dan sudah dimulainya kerja sama antar sesama. Lahan pertanian adalah hal yang diperebutkan pada jaman ini.

3. Jaman industri
Selangkah lebih maju yaitu jaman industri, setiap orang berlomba-lomba membentuk suatu organisasi untuk memanfaat kan sumberdaya yang ada. Sumberdaya utama yang menjadi pusat perhatiaan dalam jaman ini adalah manusia, uang, mesin (teknologi), bahan baku, dan metode yang dipakai.

4. Jaman informasi dan pengetahuan
Pada akhir abad 20, terjadi perubahan jaman yaitu jaman penguasaaan dan kecepatan aliran informasi dan pengetahuan yang menentukan keberhasilan suatu organisasi. Pada jaman ini hal yang paling berharga adalah talenta individu yang memiliki informasi dan pengetahuan. Kompetensi organisasi dibangun dari semua individu yang ada didalamnya. Dalam jaman ini keberhasilan organisasi untuk memenangkan persaingan adalah seberapa banyak dan cepat informasi dan pengetahuan yang dapat dimiliki.

Hari ini kita berada pada jaman informasi dan pengetahuan, untuk dapat memenangkan persaingan baik dalam level individu maupun organisasi informasi dan pengetahuan yang dimiliki adalah faktor utama. Untuk  itulah kita sebagai individu maupun organisasi dituntut untuk menguasai informasi dan pengetahuan pada jaman ini. Marilah kita membiasakan budaya sharing knowledge, agar diantara kita dapat saling memperkaya informasi dan pengetahuan yang kita punyai.

Happy sharing...  :)

1 comment:

  1. dari jaman ke jaman selalu pasti ada sesuatu yang baru yang ada di dunia , thnk gan buat infonya
    mampir juga ke links saya di data recovery jakarta

    ReplyDelete