Friday, August 6, 2010

Data, Informasi, dan Knowledge

Untuk memahami Knowledge management, kita setidaknya tahu tentang pengertian-pengertian dasar terutama definisi tentang data, informasi, dan pengetahuan (knowledge). Seringkali kita bingung dan sering terbalik dalam mendefinisikan ketiga hal tersebut diatas. Melalui tulisan ini diharapkan kita semua dapat memahami dengan jelas ketiga definisi tersebut diatas, mari kita kupas satu per satu.

1. Data
Data dapat dideskripsikan sebuah fakta yang disusun secara terstruktur (Vercellis, 2009). Data juga dapat didefinisikan sebagai sumber daya, obyek yang dapat dimanipulasi, solid secara fisik (Lackoff and Johnson, 1999). Dapat disimpulan bahwa data merupakan suatu obyek, kejadian, atau fakta yang dicatat dan disusun dengan terstruktur dalam berbagai bentuk baik berguna atau tidak.

2. Informasi
Informasi diartikan sebagai hasil dari pemrosesan data sehingga mempunyai arti atau bermakna (Vercellis, 2009). Sedangkan Gene Bellinger (2004) mengartikan informasi sebagai data yang telah mempunyai makna dengan cara dihubungkan yang terkait (relational connection). Dengan demikian informasi dapat diartikan sebagai hal yang dihasilkan dari pengolahan data yang lebih mudah dimengerti dan mempunyai makna suatu kejadian atau fakta.

3. Pengetahuan (Knowledge)
Kumpulan informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan dan menangani permasalahan yang kompleks dapat disebut sebagai pengetahuan atau knowledge (Vercellis, 2009). Pengetahuan adalah internalisasi dari informasi-informasi yang terbentuk dari persepsi dan pengalaman dari si pemilik atau knower (Lackoff and Johnson, 1999). Dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan (knowledge) adalah kumpulan dari inrofmasi data yang menjadi bagian seseorang melalui persepsi dan pengalaman yang dapat dikembangkan untuk mengambil suatu keputusan dan menyelesaikan hal-hal yang kompleks

Dengan mengerti pengertian dasar tentang data, informasi dan knowledge, maka kita dapat memahami konsep knowledge management yang kuat.



Referensi:
1.Ackoff, R. L., "From Data to Wisdom", Journal of Applies Systems Analysis, Volume 16, 1989 p 3-9
2. Verceliss, Carlo (2009). Business Intelligence: data mining and optimization for decision making. Chichester: John Wiley and Sons.
3. Bellinger, Gene (2004). Data, information, knowledge, and wisdom.



1 comment:

  1. makasih gan info nya dan artikel juga bagus
    mampir juga dong kelink saya disini data recovery jakarta

    ReplyDelete